Vegetasi dan Red Edge

· 1 min read
Vegetasi dan Red Edge

Red Edge saluran unik dan baru saja  dikembangan jika dibandingkan dengan saluran multipsektral yang telah ada sebelumnya. Terletak di antara saluran merah dengan saluran inframerah dekat tanpa ada bagian yang saling  tumpang tindih. Unik dengan karakteristik yang khas untuk objek vegetasi. Detail lokasi saluran red edge pada kurva pantulan spektral dapat dilihat pada gambar berikut:

Nampak jelas wilayah saluran red edge pada kurva objek vegetasi yang mengalami peningkatan nilai. Oleh sebab itu pada saluran ini bisa dikatakan unik karena reflektansi nilai objek vegetasi meningkat secara drasitis dan peningkatan nilai spektral direpresentasikan pada saluran ini. Nilai spektrak vegetasi yang sebelumnya pada saluran merah mempunyai nilai yang rendah meningkat signifikan dan sangat tinggi pada saluran inframerah dekat.

Saluran ini sangat relevan digunakan untuk kajian vegatasi secara lebih mendetail dibaningkan saluran hijau, saluran merah dan saluran inframerah dekat. Dari saluran red edge peningkatan nilai  spektral yang berbeda dapat dimanfaatkan untuk mengkaji, menganalisa karakteristik spektrum vegetasi pada tingkatan kondisi yang berbeda. Sensitivitas pada setiap detail nilai red edge dapat digunakan untuk mengetahui kondisi dan karakter vegetasi.

Pada Satelit Sentinel 2 saluran ini merupakan  saluran baru dengan pusat panjang gelombang 705, 740 dan 783 nm dengan resolusi spasial 20m. Dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan nilai spektral yang belum tersedia pada citra-citra yang suda ada sebelumnya seperti Landsat dan SPOT. Lokasi saluran red edge pada citra sentinel terdapat pada band 5,6, dan 7. Contoh kenampakan  saluran red egde citra sentinel dengan berbagai komposit dan transformasi sebagai berikut:

sumber:

resa.blackbridge.com

Related Articles

Pemahaman Risiko Penyebaran Virus Corona di DKI Jakarta melalui Analisis Spasial (Spatial Talks-002)

Analisis Risiko Penyebaran Virus Corona Berdasarkan Faktor Kerentanan Melalui artikel sebelumnya, telah dibahas bagaimana peran yang perlu dilakukan oleh masyarakat

· 3 min read

Google Earth Engine untuk Pemodelan Kesesuaian Lokasi Budidaya Ikan Kerapu (GEE-015)

Sumberdaya perikanan di Indonesia sangat berlimpah dan dapat dimanfaatkan salah satunya untuk budidaya laut. Budidaya laut perlu didukung data lokasi

· 8 min read