Penggunaan Google Earth Engine Python API dalam Conda Local Anda (GEE-003)

· 4 min read
Penggunaan Google Earth Engine Python API dalam Conda Local Anda (GEE-003)

Python API Earth Engine dapat diinstal ke komputer/laptop Anda melalui Conda, sebuah package dan pengelola environment Python. Conda diringkas dalam Anaconda dan Miniconda. Tenang saja, ini bukan kandang ular, hanya saja agar cheeky diberikan nama ular seperti orangtuanya. Anaconda adalah sebuah platform pemrograman untuk data science yang memiliki 1500 lebih packages, sementara Minoconda hanya memberikan Conda semata dengan turunannya. Keduanya dapat bekerja dengan baik untuk menginstal dan bekerja dengan Python API Earth Engine. Jika Anda kurang familier dengan Conda, harap kunjungi link Anaconda dan Miniconda ini.

A. Menginstal Conda

Anda bisa mengakses instalasi Anaconda dan Miniconda :

  1. Anaconda : https://www.anaconda.com/distribution/
  2. Miniconda : https://docs.conda.io/en/latest/miniconda.html

Download instalasi yang sesuai dengan OS Anda. Saran saya gunakan versi Python 3.x dikarenakan Python 2.x tidak akan diperbarui lagi per 2020.

Setelah menginstal Conda, kita perlu mencobanya. Karena Conda belum ditambahkan ke dalam system path maka Anda perlu mengaktifkannya dengan menggunakan perintah session bernama activate. Percobaan yang berhasil akan memberikan Conda konten yang muncul di terminal. Lakukan command di bawah ini pada terminal OS Anda :

Jika terdapat masalah, dapat Anda coba memberikan otorisasi administrator seperti sudo dalam Unix

Mac

source $HOME/miniconda3/bin/activate
conda --help

Linux

source $HOME/miniconda3/bin/activate
conda --help

Windows

%UserProfile%\miniconda3\condabin\activate
conda --help

B. Menginisialisasi Conda

Anda perlu menginisialisasi Cnda untuk interaksi di Shell. Lakukan command di bawah ini untuk informasi inisalisasi :

conda init --help

Setelah Anda melakukan restart, Anda akan bisa mengaktifkan environment Conda hanya dengan command di bawah ini :

conda activate

C. Menginstal Earth Engine API

Perlu digarisbawahi bahwa pip install ee bukanlah Earth Engine, jadi saya sarankan untuk menggunakan perintah di bawah ini.

Earth Engine Python API didistribusikan ke dalam package Conda di https://anaconda.org/conda-forge/earthengine-api. Package ini diinstal dengan menggunakan perintah conda install. Sebelum menginstal, Anda perlu membuat environment spesifik untuk Earth Engine. Menginstal Earth Engine API ke dalam environmentnya sendiri berfungsi untuk memastikan packagenya tidak menyebabkan permasalahan versi terhadap environment dasar Anda atau environment lain yang telah dibuat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Membuat environment conda untuk Earth Engine Python API.

conda create --name ee

Anda akan diminta otorisasi untuk melakukannya

2. Mengaktifkan environment Earth Engine di Conda

conda activate ee

3. Instal API Anda ke dalam environment Earth Engine.

Pastikan bahwa terdapat tulisan (ee) yang tampil sebelum command line Anda, mengindikasikan bahwa Anda bekerja dalam environment Earth Engine.

conda install -c conda-forge earthengine-api

Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi instalasi API dan dependensinya. Setelah mengkonfirmasi, Conda akan mengunduh dan menginstal dependensi Earth Engine. Jika proses tersebut berjalan dengan baik maka Anda akan mendapatkan environment Conda yang disebut dengan ‘ee’ dengan seluruh kelengkapannya yang berfungsi untuk memanggil API Earth Engine, termasuk command line earthengine.

D. Dapatkan Credential

Sebelum menggunakan Earth Engine Python API atau command line earth engine, Anda harus melakukan otentikasi yang memberikan akses kepada Earth Engine dengan akun Google yang telah Anda daftarkan pada artikel sebelumnya. Untuk melakukan otentikasi, gunakan perintah authenticate dari earthengine.

Dalam environment ‘ee’ yang telah Anda buat, lakukan perintah berikut dan ikuti instruksi selanjutnya yang akan muncul ke dalam line selanjutnya dalam terminal Anda. Sebuah URL akan muncul untuk mengkonfirmasi otorisasi Anda terhadap penggunaan API Earth Engine.

earthengine authenticate

Setelah memasukkan kode otorisasi dari akun Google Anda, sebuah token otorisasi akan disimpan dalam file credential yang dapat ditemukan di bawah ini. Selanjutnya, jika Anda melakukan perintah ee.Initialize() dan earthengine maka sistem akan mencari file credential ini untuk mengotentikasi akses. Jika Anda bermaksud untuk mencabut akses otorisasi ini, Anda tinggal menghapus file credential tersebut.

Mac/Linux

ls $HOME/.config/earthengine/credentials

Windows

dir %UserProfile%\.config\earthengine\credentials

E. Tes API

Untuk melakukan tes API, jalankan script Python sederhana yang mencetak metadata SRTM. Apabila berhasil, script ini akan mencetak JSON metadata ke konsol.

  1. Mulai interpreter python ke dalam environment ‘ee’ Anda.
python

2. Tambahkan script Python di bawah ini satu per satu setiap line untuk mencetak metadata untuk SRTM.

import ee

# Menginisialisasi modul Earth Engine
ee.Initialize()

# Mencetak metadata untuk dataset SRTM
print(ee.Image('USGS/SRTMGL1_003').getInfo())

F. Penggunaan Berulang untuk API

Setiap kali Anda mengguanakan Earth Engine Python API Anda harus mengaktifkan environment ‘ee’. Registrasi Conda anda ke dalam terminal shell Anda sangat mempengaruhi prosedur aktivasinya.

  1. Jika Conda tidak terregister

Mac/Linux

source $HOME/miniconda3/bin/activate ee

Windows

%UserProfile%\miniconda3\condabin\activate ee

2. Conda telah terregister

conda activate ee

G. Mengupdate API

Anda perlu melakukan pembaruan API Earth Engine untuk Python secara berkala dengan cara :

Jangan lupa untuk mengaktivasi environment ‘ee’ Anda

conda update earthengine-api

Jalankan interpreter python dengan menuliskan python, lalu lakukan perintah di bawah ini :

import ee
print(ee.__version__)

H. Bagikan Environment Anda

(CATATAN : Bagikan hanya yang tak bersifat rahasia)

Alangkah baiknya jika kita dapat membuat komunitas Earth Engine ini di Indonesia mulai dari pengembang hingga penggunanya, mulai dari praktisi ilmu kebumian hingga programmer. Anda dapat membagikan environment Earth Engine Anda kepada kawan-kawan (meskipun belum ada komunitasnya, kita bisa mulai nih) untuk mendapatkan hasil yang dapat direplikasi dan direproduksi dengan menggunakan YAML file.

Mac/Linux

conda env export > $HOME/bagi-bagi-env-ee.yml

Windows

conda env export > %UserProfile%\bagi-bagi-env-ee.yml

Bagikan file Anda. Penerima dapat mereplikasi environment Anda dengan melakukan perintah :

conda env create -f aku-dapet-env-ee.yml

Catatan : Mereplikasi di antara OS yang berbeda dapat bermasalah karena terdapat beberapa package yang spesifik terhadap OS dan versi Conda. Jadi, diperhatikan ya.

Begitu saja dari part yang sangat panjang ini. Alhamdulillah kalau Anda sampai baca ini, selamat! Karena Anda telah menginstal Conda dan berhasil untuk menggunakannya secara lokal untuk Earth Engine. Boleh loh komen di bawah atau ngobrol-ngobrol hehe. Bay.

Related Articles

Google Earth Engine untuk Pemodelan Kesesuaian Lokasi Budidaya Ikan Kerapu (GEE-015)

Sumberdaya perikanan di Indonesia sangat berlimpah dan dapat dimanfaatkan salah satunya untuk budidaya laut. Budidaya laut perlu didukung data lokasi

· 8 min read