Mencari Image Collections dalam Earth Engine (GEE-007)

· 2 min read
Mencari Image Collections dalam Earth Engine (GEE-007)

Image collections merujuk kepada citra-citra yang ada dalam Earth Engine. Sebagai contoh, koleksi seluruh Landsat 8 adalah sebuah contoh ee.ImageCollection. Seperti data elevasi SRTM yang telah dibahas sebelumnya, image collection juga memiliki ID. Seperti sebuah citra tunggal yang ditampilkan, Anda pun dapat menelusuri ID image collection dengan cara mencari dari Earth Engine data catalog yang terdapat dalam Code Editor. Caranya adalah dengan mencari ‘landsat 8 toa’ pada penelusuran di bagian atas code editor, lalu klik Import dan ganti namanya menjadi l8tumpang7.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengganti langkah di atas dengan menyalin ID Landsat 8 TOA ke dalam image collection Anda.

var l8tumpang7 = ee.ImageCollection('LANDSAT/LC08/C01/T1_TOA')




Menyaring Image Collection

Perlu diketahui bahwa Anda telah mengimpor semua Landsat 8 yang ada di bumi. Anda tidak membutuhkan semuanya bukan? Anda akan sering membutuhkan satu saja diantara ribuan dataset ini. Nah, Anda dapat menyaring koleksi citra ini dengan cara mengambil lokasi tertentu dengan waktu tertentu. Anda dapat menandai sebuah tempat tertentu dalam Earth Engine dengan cara membuat titik (bisa juga garis ataupun polygon) menggunakan tools geometry drawing yang ada di code editor. Zoom kepada Gunung Tumpangpitu, lalu pilih Geometry Imports, dan klik +new layer. Gunakan point drawing tool lalu buat sebuah titik di Gunung Tumpangpitu.

Namai titik tersebut dalam import sebagai titik. Setelah itu, saring koleksi l8tumpang7 untuk mendapatkan citra yang bertampalan dengan titik tersebut, lalu tambahkan filter kedua berupa citra yang dipublikasikan pada 2019 saja.

//menyaring koleksi dengan menggunakan titik
var saringtitik = l8tumpang7.filterBounds(titik);
print('saringtitik', saringtitik);

//menyaring koleksi dengan menggunakan waktu
var saringwaktu = saringtitik.filterDate('2019-01-01', '2019-12-31');
print('saringwaktu', saringwaktu);

Lihat pada filterBounds() dan filterDate(). Keduanya adalah tool yang ada dalam filter() yang digunakan untuk menyaring image collection. Eksplor tab Docs dalam Code Editor untuk mempelajari metode-metode ini. filterBounds() digunakan untuk memilih titik yang telah Anda buat dan filterDate Anda gunakan untuk menyaring data yang Anda ambil kepada tanggal tertentu.

Anda dapat melakukan perintah print() untuk koleksi yang telah Anda saring. Namun Anda tidak dapat mencetak lebih dari 5000 koleksi dalam suatu waktu, jadi, Anda tidak bisa mencetak seluruh koleksi Landsat 8. Setelah melakukan perintah print() Anda dapat melakukan inspeksi terhadap koleksi dalam konsol. Ini adalah salah satu cara untuk mengeksplor ID yang akan Anda gunakan untuk analisis. Anda dapat mengurutkan data yang keluar dengan cara mengambil citra yang memiliki tutupan awan lebih sedikit dibandingkan yang lebih banyak.

// perintah berikut akan mengurutkan data dari tutupan awan yang sedikit ke banyak 
var urutawan = saringwaktu.sort('CLOUD_COVER'); 

// ambil citra pertama yang paling sedikit awannya 
var citral8 = urutawan.first();




Hasil dari penyaringan

Related Articles

Vegetasi dan Red Edge
· 1 min read

Google Earth Engine untuk Pemodelan Kesesuaian Lokasi Budidaya Ikan Kerapu (GEE-015)

Sumberdaya perikanan di Indonesia sangat berlimpah dan dapat dimanfaatkan salah satunya untuk budidaya laut. Budidaya laut perlu didukung data lokasi

· 8 min read