Membuat Visualisasi Kemiringan Lereng SRTM Menggunakan Earth Engine (GEE-006)

· 2 min read
Membuat Visualisasi Kemiringan Lereng SRTM Menggunakan Earth Engine (GEE-006)

Setelah mengetahui cara membuat visualisasi SRTM menggunakan Earth Engine, Anda sekarang bisa membuat analisis DEM lebih lanjut menggunakan SRTM. Sebagai contoh, Anda dapat membuat visualisasi kemiringan lereng sederhana dengan cara mengubah data elevasi SRTM. Caranya adalah dengan menggunakan metode slope di dalam package ee.Terrain.

// mengambil data SRTM 90 m
var tumpang7 = ee.Image('CGIAR/SRTM90_V4');

// menjalankan algoritma slope terhadap SRTM
var slope = ee.Terrain.slope(tumpang7);

// menampilkan hasil
Map.setCenter(114.0312857, -8.618189, 11); // menuju ke Gunung Tumpangpitu
Map.addLayer(slope, {min: 0, max :60}, 'slope'); //besaran slope yang divisualisasikan

Perhatikan code ee.Terrain.slope(tumpang7), citra srtm diwakilkan variabel tumpang7 yang diproses dalam algoritma slope. Hasilnya adalah sebagai berikut :

Terdapat beberapa metode dalam ee.Image yang dapat diaplikasikan dalam objek. Kemiringan lereng atau slope hanyalah satu dari beberapa metode ini. Sebagai contoh, jika Anda tertarik dengan operasi trigonometrik dalam DEM Anda dapat memanfaatkan metode aspect. Caranya adalah dengan mengkonversi citra aspect ke dalam radian. Setelah itu, gunakan code sin() untuk melakukan aspect sin.

// buat aspect dari Tumpangpitu
var aspect = ee.Terrain.aspect(tumpang7);

// konversi ke radian, gunakan sin sebagai dasar pembuatan aspect
var sintumpang7 = aspect.divide(180).multiply(Math.PI).sin();

// visualisasi hasil aspect sin
Map.addLayer(sintumpang7, {min: -1, max: 1}, 'sin');

Perhatikan pada code untuk sintumpang7. Kita baru saja melakukan analisa berantai, mulai dari divide, multiply, hingga sin. Dengan melakukan analisa berantai ini kalian memerintah komputer untuk ‘bagi aspeknya dengan 180, lalu dikalikan hasilnya dengan π , dan terakhir ambil sin-nya’. Anda dapat melakukan analisa kompleks dengan metode seperti ini. Lihat pada documentation Image untuk melihat daftar lengkap operasi matematika mulai dari add(), substract(), multiply(), dll.